Circle Gallery

Breaking News
recent

Mari membicarakan tentang resolusi

Istilah resolusi sering dipakai (dan menimbulkan kerancuan)dalam semua elemen multimedia, biasanya diidentikan sebagai penyebutan ukuran gambar. Padahal ukuran tertentu dalam audio dan video juga disebut sebagai resolusi. Kuncinya adalah mengetahui dalam konteks apa kata resolusi disebutkan
GRAFIS
Gambar dalam matra 2 dimensi akan tersusun  berdasarkan jumlah panjang berbanding lebarnya (Spasial resolution), satuannya adalah pixel. Idealnya besar resolusi untuk gambar yang akan dicetak adalah 300 pixel per inchi, sedangkan untuk keperluan web disarankan sebesar 72 pixel per inchi.
Cara lain untuk penyebutan resolusi, selain menggunakan satuan pixel, perangkat tertentu menggunakan satuandots per inch(dpi), seperti printer, scanner, -misalnya disebutkan mempunyai resolusi 600 dan 300 dpi.
Monitor komputer menggunakan satuan pixel, sebagai contoh resolusi  VGA adalah 640 x 480 pixel. Meskipun demikian, resolusi monitor terkadang dinyatakan dalam dpi. Tujuannya adalah sistem komputer cenderung untuk tetap mempertahankan ukuran dpi, dan menambah dimensi pixel jika menampilkan image pada display yang lebih besar. Resolusi 72 dpi pada monitor 14 inchi akan menampilkan 640x 480 pixel, dan pada monitor 17 inchi menggunakan 832 x 624 pixel.
Tidak seperti pada perangkat keras(printer dan monitor), gambar bitmap di komputer tidak memiliki ukuran fisik. Sehingga ukuran fisik dari image akan tergantung pada resolusi perangkat keras yang menampilkannnya. Misalnya pada gambar yang berukuran 128 pixel. Jika ditampilkan pada monitor 72 dpi, maka ukuran nya adalah 45mm persegi. Pada resolusi yang lebih tinggi 115 dpi, ukurannya menjadi 28 mm. Jika dicetak pada printer 600 dpi maka akan tercetak sebesar 5 mm persegi. Dari penjelasan tersebut maka dapat kita peroleh rumus:
kotak 128px              Dimensi fisik =      dimensi pixel
Resolusi perangkat
AUDIO
Resolusi dalam audio mengacu pada Bitdepth, disebut  juga dengan sampel size, menunjukkan jumlah bit-bit yang dipakai untuk menyimpan nilai sampling. Semakin banyak bit yang digunakan untuk merepresentasikan nilai setiap sampelnya, maka suara yang dihasilkan lebih bervariasi sehingga mendekati akurasi suara aslinya. Resolusi suara biasanya tersedia dalam ukuran 8-bit ,16 bit dan 32 bit. Jumlah 8 bit ini menunjukkan deskripsi rangeamplitude(level suara dalam satu waktu) sejumlah 256 unit(28).
Frekuensi sample yang populer dipakai pada multimedia contohnya adalah 44.1 kHz, 22.05 kHz , 11.025 kHz dengan ukuran resolusi sample 8 bit atau 16 bit. Penggunaan bit yang besar akan menghasilkan suara rekaman yang menyerupai versi aslinya. Semakin tinggi angka sampling rate dan bit depth artinya semakin tinggi kualitasnya, semakin besar pula jumlah file yang dihasilkan.
Audio resolution
Audio resolution
VIDEO
Unsur terkecil pembentuk gambar dalam video analog disebut dengan lines( garis) atau lebih tepatnya horizontal scan lines, sedangkan pada video digital adalah pixel(picture element). Resolusi adalah satuan yang menyatakan banyaknya lines dalam satu frame. Makin banyak jumlah lines atau pixels maka semakin tinggi kualitas gambar yang ditampilkan.
Jika pada video analog, kualitas gambar ditentukan dengan banyaknya lines, pada video digital kualitas tidak selalu ditentukan oleh jumlah pixel, ada faktor lain yang mempengaruhi, yaitu kompresi data. Jumlah pixel keseluruhan dinyatakan dalam jumlah pixel horizontal dikalikan pixel vertical.
HDTV Resolution Chart
HDTV Resolution Chart
Video PAL SD ( Standart Definition)     : 720 x 576 pixel
Video NTSC SD ( Standart Definition)    : 720 x 480 pixel
Video HD ( High Definition)                      : 1280 x 720 pixel
Video Full HD ( High Definition)              : 1920 x 1080 pixel
Gambar pada film seloluid tidak mengenal resolusi, namun kualitas ditentukan berdasarkan ukuran fisik film, yang umum adalah 8mm, 16mm, 32mm, sampai dengan 70 mm. Kualitas reproduksi film seluloid dinilai yang paling sempurna.
Aspect Ratio
Hal yang biasanya disertakan dalam penyebutan resolusi video adalah aspect rasio;  perbandingan sisi horizontal dengan sisi vertical pada bidang layar . Sejak semula teknologi fotografi dan audio-visual ditemukan, aspek rasio yang dipakai adalah 4 : 3 , atau rasio 1,33. Saat ini ukuran tersebut disebut dengan Standart Definition (SD), atauFullscreen TV. Film bioskop pada perkembangannya menggunakan layar yang melebar pada bidang horisontalnya disebut dengan format Widescreen Cinemascope (aspect ratio 1.85). Perkembangan teknologi perfilman melahirkan varian-varian ukuran layar lebar lainnya disebut dengan format anamorphic, Academy, dan sebagainya.
Format widescreen juga diterapkan pada pertelevisian dan teknologi video pada masa sekarang dengan istilahwidescreen TV. Rasio widescreen tv adalah 16 : 9(1,78), sekarang lebih dikenal dengan istilah high Definition(HD).
Aspect ratio Fullscreen TV= 4 : 3(1,33) dan Widescreen TV = 16 : 9(1.78)
Resolusi layar
Resolusi layar

Media distribusi konten multimedia

Multimedia diakses sebagai produk konsumsi maupun sebagai sarana komunikasi menggunakan berbagai macam saluran. Dewasa ini adalah penting membedakan antara  penyaluran secara offline dan on line.
Sebelum infrastruktur internet mencapai kemapanan seperti sekarang, konten multimedia didistribusikan secara offline dengan mereproduksi media penyimpanan( CD,DVD, kaset, catridge, dsb), sedangkan saluran multimedia communication disampaikan secara  broadcasting(siaran tivi, radio, satelit) .
Saluran online berarti konten atau informasi disalurkan dari sebuah penyimpanan(server) ke komputer-komputer atau unit-unit penerima melalui jaringan komunikasi .
Disisi pengguna, perangkat pengakses konten multimedia dapat dibedakan jenisnya sesuai dengan sistem kerjanya, yaitu:
Sistem multimedia Stand alone
Sistem ini berarti merupakan sistem multimedia yang memiliki minimal storage ( harddisk, cd rom,DVD), alat input(keyboard, mouse, sensor, mic) dan output(display monitor, speaker), dan pemroses .
Menonton film di PSP

Sistem multimedia berbasis jaringan
Disebut juga dengan web based application. Sistem ini harus terhubung dengan jaringan yang berbandwith besar, karena faktor sharing system.Contoh: video conference,videocast, game online, augmented reality, intranet, dll.
Menjalankan Augmented Reality di iphone
Penyaluran multimedia secara online tidak membutuhkan medium penyimpanan fisik seperti CD ROM atau DVD, tetapi proses yang dilalui lebih kompleks. Infrastruktur yang ada harus bisa menangani permasalahan seperti  kapasitas file multimedia yang biasanya besar, pemrosesan data yang berat seperti kompresi/transcoding, menuntut kecepatan dan ketepatan singkronisasi waktu, dan kelancaran jaringan komunikasi.

Dengan adanya prosesor dan memori pada  komputer, sistem digital menyimpan data, dan mengolahnya tanpa melewati keseluruhan proses analog untuk langsung mencapai hasil akhir yang ingin dicapai .
jam digital
jam-analog
JAM DIGITAL DAN ANALOG
Data yang disimpan pada memori pada dasarnya hanya berupa dua buah unit bit(singkatan dari binary digit).Setiap bit adalah kondisi disimpannya voltase listrik 0V atau 3.5V pada magnet. Bit yang ada voltase listriknya  disebut dengan kondisi on, dan sebaliknya disebut off ( istilah yang lain adalah true dan falseyin dan yang), secara konvensional masing-masing ditulis dengan 0 dan 1.
Kombinasi dari deretan kondisi 0 dan 1 ini kemudian di rekonstruksi secara matematis oleh prosesor menjadi informasi yang berarti bagi manusia. Secara sederhana, sekumpulan bit-bit dikelompokkan menjadi byte, bytes membentuk huruf, huruf-huruf membentuk kata, kata-kata membentuk kalimat atau instruksi kepada komputer atau prosesor agar diproses sesuai dengan data yang sudah tertanam didalam memorinya.
Sistem 32-bit ?
8 bit dikelompokkan dalam unit yang lebih besar disebut byte. Panjangnya jumlah bit yang dipakai untuk mewakili sebuah data tergantung model komputer yang dipakai, cenderungnya 4 bytes, atau sering disebut system 32 bit. Paket program authoring Adobe terbaru, CS 5 menggunakan komputer sistem 64 bit. Ini berarti membawa basis data 2 kali lebih banyak ketimbang sistem 32 yang umum dipakai pada komputer.
Menghitung kapasitas
  • bit,
Singkatan dari binary digit. 1 bit berarti salah satu dari dua kemungkinan antara 1 atau 0.
  • Byte,(selalu ditulis dengan B besar untuk membedakan dengan bit yang ditulis dengan b kecil)
terdiri dari 8 bit. Merepresentasikan sebuah karakter. Contoh “R” terdiri dari 01010010.
  • Kilobyte, sebesar 1.000 byte(sebenarnya 1.024 byte),
1 KB kira kira menyimpan karakter sebanyak tulisan setengah halaman.
  • Megabyte, kira kira sebanyak 1 juta byte atau 1000 KB.
1 MB setara dengan tulisan sebayak 500 halaman.
  • Gygabyte, kira kira sebanyak 1 milyar byte atau 1000 MB.
1 GB Setara dengan 500.000 halaman. Satuan yang umum dipakai pada media storage dewasa ini.
  • Terabyte, merepresentasikan 1 triliun byte, atau 1000 GB.
1 TB setara dengan 500 juta halaman.
  • Petabyte(PB), sebanyak 1000 TB, dan Exabyte(EB), sebanyak 1000 PB,
Masih sangat jarang dipakai, tetapi diperkirakan semua materi cetak diseluruh dunia berjumlah 5 Exabyte.
Print vs CD
Print vs CD
Video yang di putar pada monitor komputer tidaklah menggunakan metode interlace seperti umumnya. Setiap line mulai dari atas sampai bawah  disimpan pada frame buffer, disebut dengan tehnik progressive scanning. Karenafields sebenarnya ditampilkan terpisah berdasarkan waktu, menyatukannya bisa memunculkan efek yang tidak dikehendaki.  Jika obyek bergerak cepat, akan terlihat ketidak singkronan pada posisi 2 fields  sehingga muncul efek comb, garis bergerigi seperti sisir pada obyek.
Interlaced video frame
Interlaced video frame
Untuk mencegah efek samping ini maka dilakukan cara “de-interlace” , yaitu dengan membuat kombinasi rata rata dari dua jenis field ini dalam satu frame.
de-interlace
de-interlace
Proses ini membutuhkan waktu render yang jauh lebih lama daripada interlaced video, tetapi hasilnya lebih bagus.

Untuk menyesuaikan framerate sebuah video ke standart yang dipakai , misalkan dari video 24 fps ke standar NTSC,30 fps digunakan tehnik 3-2 pulldown. Frame pertama digunakan untuk mengisi 3  fields pertama, frame ke dua digunakan pada 3 fields berikutnya, dan seterusnya sehingga framerate bertambah.
3-2 pulldown
3-2 pulldown

Muncul pesan interneal eror pas me-render file AVI di 3d max:
error mesage
error mesage
kemungkinan besar set up(2) pada jendela render output file(1) menunjukkan pemakaian kompresor(3) yang tidak didukung oleh komputer anda. untuk aman-nya, ubah pilihan kompresor ke ‘ uncompressed”.  Untuk memproduksi file .AVI yang tidak dikompres. Kemudian klik OK, save, saya yakin sekarang proses render berjalan seperti biasanya;-) semoga bermanfaat
set up
set up
Beberapa diantara kita mungkin terbiasa mengoperasikan satu atau dua jenis kamera., sementara diluar sana masih terdapat puluhan jenis kamera,  dengan berbagai merk, varian dan spesifikasinya. Untuk mengetahui semuanya tentunya membutuhkan usaha yang lumayan berat:-(, oleh sebab itu kita bisa memulainya dengan mengelompokkan kamera-kamera tersebut ;
Berdasarkan tujuan penggunaannya, kamera dapat di kelompokkan dalam;
  1. Kamera Film
  2. Kamera Broadcasting
  3. Kamera news
  4. Kamera dokumentasi dan hobi
Cirinya : Compact, mobile, dengan body yang kecil dan ringan. Menonjolkan pegangan handheld pada bodynya, biasanya display utama menggunakan LCD lipat disamping.
Kamera dibuat oleh berbagai macam manufacturer , tersedia dalam berbagai model dan varian. Merk-merk kamera yang populer antara lain;
  1. Sony
  2. Panasonic
  3. JVC
  4. Samsung
  5. Ikegami
  6. Philip
Berdasarkan media penyimpanan gambarnya, kamera dapat dibagi menjadi
  1. Kamera pita 8 milimeter, menggunakan pita 8 mm, Video 8, Hi8, Digital8
  2. Kamera pita Beta, menggunakan kaset Beta, Betamax, Betacam, Betacam SP, Betacam SX, Digital Betacam
  3. Kamera VHS, VHS-C, S-VHS, S-VHS-C, D-VHS
  4. Kamera DV, meliputi kamera  DV, mini DV, DVCAM,DVCPRO, DVCPRO50, DVCPRO HD, HDV
  5. DVD, kamera yang menggunakan media penyinpanan DVD, Blu Ray, HD-DVD, HD-VMD, CD-DVD
  6. Kamera film 35 mm
  7. Dll
Berdasarkan kategori penggunanya, kamera dapat dibagi menjadi 3 kategori, yaitu;
1. ENG ( Electronic News Gathering)
Kamera yang digunakan untuk meliput peristiwa atau kejadian yang tidak direncanakan, seperti meliput berita, kegiatan outdoor, dsb.
Ciri utama dari kamera jenis ini adalah modelnya yang portable-mudah dibawa kemana mana-, dilengkapai dengan shake reduction/vibration reduction, serta dilengkapi dengan baterai dengan daya tahan yang lama.
2. EFP (electronic Field Production)
Kamera EFP adalah kamera yang digunakan untuk memproduksi materi audio visual non berita. Kamera ini biasanya digunakan untuk produksi drama, film, sinetron, program non drama dan lain lain. Ciri ciri kamera ini adalah dilengkapi dengan berbagai aksesoris, seperti tripod, crane atau jimmy jib,zoom servo, dan sebagainya.
3. Kamera Studio
Kamera studio adalah kamera yang dipakai di dalam studio shoting. Cirinya adalah ukurannya yang besar dan berat-agar gambar yang dihasilkan stabil dan halus. Kamera seperti ini biasanya dilengkapi dengan zoom servo(alat remote untuk menggerakkan lensa zoom), pedestal, viewfinder dan intercom yang memungkinkan PD(program Director) untuk men-direct kameraman.
https://addictama.wordpress.com/category/multimedia/
j

j

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.